Selasa, 30 Oktober 2012

Cara mengetahui Emas Asli

Cara Mengetahui Emas Asli 

Apakah sobat sejati pernah mengetes emas asli dan berapa kadar karat yang terkandung,

Mengetahui keaslian Emas merupakan hal terpenting untuk diketahui bagi para pebisnis emas , pedagang emas dan pembeli emas pada saat kita bertransakasi jual beli emas di Timersnet ditoko-toko emas atau dimana saja saat kita bertransaksi. Berikut adalah rangkuman dari sumber internet  yang saya rangkum  mengenai tips mengetahui keaslian emas:

Cek Kadar Karat
Kemurnian emas bisa dicek dari kadarnya. Kadar emas dinyatakan dalam karat. 24 karat merupakan emas yang paling murni. Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) – No : SNI 13-3487-2005 standar karat sebagai berikut :


Emas 24 karat berkomposisi 99,00 – 99,99%. 
Emas 23 karat berkomposisi 94,80 – 98,89%.
Emas 22 karat berkomposisi 90,60 – 94,79%. 
Emas 21 karat berkomposisi 86,50 – 90,59%. 
Emas 20 karat berkomposisi 82,30 – 86,49%. 
Emas 19 karat berkomposisi 78,20 – 82,29%.
Emas 18 karat berkomposisi 75,40 – 78,19%    
                                                                                                                                                        
Surat dari Antam (Aneka Tambang)
Keaslian emas dapat mengacu pada sertifikat yang diperoleh pada saat transaksi emas batangan (lempengan). Dimana sertifikat itu harus dikeluarkan oleh PT Antam, Tbk. (khusus Indonesia) yang berstandar internasional dan telah diakui oleh London Bullion Market Association (LBMA). Sertifikat asli memiliki nomor seri yang juga terdapat pada lempengan emas, dan ukuran 5 x 6 cm. Sedangkan untuk memastikan keaslian emas lempengan, anda dapat melihat logo LM berbentuk segi lima yang tertera, serta terdapat tulisan Fine Gold .9999, dan apabila nilai emas lebih dari 5 gram disertai nomor seri pada lempengan (yang biasanya diawali dengan dua karakter huruf dan tiga digit angka).

Gosoklah Emas pada Keramik
Dilansir dari WikiHow, untuk mengetes emas coba digosokkan pada keramik. Bila lapisan emas digosokkan dan terdapat goresan hitam, maka sudah dipastikan emas tersebut palsu. Namun, jika tidak berubah warna dan tidak terdapat goresan maka kemungkinan emas asli.

Cek pada Magnet
Emas tidak memiliki daya magnet, jadi jika emas di dekatkan ke magnet dan saling tarik-menarik, maka bisa dikatakan emas palsu. Jika tidak bereaksi pada magnet, belum tentu juga emas itu asli. Karena mungkin saja terbuat bahan non-magnetik. 

Berat tapi Lembut
Meskipun lembut, emas asli memiliki bahan yang padat dan berat. Jika emas batangan atau koin terasa ringan, maka bisa saja emas itu palsu.

Alat Pengetes Emas
Alat elektronik ini bisa dibeli, namun harganya cukup mahal. Alat pengetesan emas terdapat di toko emas dan pegadaian, Anda bisa mengeceknya di sana dengan membayar sejumlah uang. Tidak ada ruginya mengeluarkan sedikit uang demi mengetahui keaslian emas.

Bukti Pembelian dan Bukti Keaslian Emas
Hal ini adalah sebagai bukti keaslian bilamana anda menjual emas kembali ke tempat Anda membelinya, karena tentu akan lebih mudah dan tidak ada banyak pertanyaan seputar emasnya.

Artikel terkait
- Berbisnis & berinvestasi di PT. Timersnet

0 komentar:

Poskan Komentar